RSS

Kemajuan Teknologi Smartphone bagi Masyarakat

25 Apr

Latar Belakang:
Kehadiran globalisasi membawa pengaruh bagi kehidupan suatu bangsa. Pengaruh globalisasi dirasakan di berbagai bidang kehidupan seperti kehidupan politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain-lain yang akan mempengaruhi nilai-nilai nasionalisme bangsa. Kemajuan teknologi komunikasi pada saat ini terasa begitu cepat.
Hal ini tampak dari terus berkembangnya berbagai macam jenis telepon, dari jenis telepon kabel yang konvensional sampai dengan jenis telepon nir kabel seperti handy talky atau “ht”, telepon seluler atau sering disingkat ponsel, dan PDA, yaitu ponsel generasi terbaru yang telah menunjukkan kesiapannya sebagai perangkat multiguna, sebagai peralatan komunikasi, komputasi dan internet. Sesuai konsep mobile office, mobile computing, mobile internet, mobile commerce dan seterusnya. Seiring dengan perkembangan zaman ponsel saat ini sudah mampu memberikan fasilitas digital camera dengan fungsi MMS sebagai provider.
Ponsel Smartphone:
Awalnya kita hanya mengenal iPhone sebagai Smartphone paling canggih yang pernah ada. Ada touchscreen, aplikasi ini dan itu. Kemudian muncul BlackBerry. Dengan mengusung ponsel QWERTY, vendor ini laris manis di pasaran dan terus berkembang hingga akhirnya menjajal Smartphone. Lalu baru-baru ini muncul Android, sebuah OS Smartphone berbasis Open Source yang menjadi ‘primadona’ Smartphone saat ini.
Bagi kalangan pebisnis yang memiliki mobilitas sangat tinggi, fasilitas smartphone sangat dibutuhkan bagi mereka untuk menjalankan bisnis dengan client atau untuk browsing disegala tempat yang memiliki wi-fi hotspot area. Ponsel ini dilengkapi dengan koneksi internet yang lebih cepat, download, lampiran pada e-mail, dengan kapasitas rekam data sangat tinggi. Sehingga komunikasi data antarperanti digital ponsel ini mampu menyambungkan koneksi nirkabel lewat inframerah dan bluetooth.
Seiring dengan munculnya ponsel yang beraneka ragam dan semakin canggih maka hadirlah teknologi baru yang dikenal dengan 3G yang pastinya akan semakin memanjakan konsumen. Layanan 3G pada dasarnya adalah layanan seluler dengan transfer data berkecepatan sangat tinggi. Kecepatan transfer minimal layanan 3G adalah 3 megabyte (MB) per detik . Dengan kecepatan tersebut, pelanggan bisa menikmati aneka layanan baru, seperti menonton video klip, film hingga televisi di ponsel, akses internet berkecepatan sangat tinggi, atau konferensi video. Dari sisi teknologi, layanan 3G terbilang baru karena negara yang mengaplikasikan layanan ini masih sedikit atau dapat dihitung dengan jari.
Adapula ponsel keluaran baru yaitu berbasis android, Android berbasis Open Source, yang berarti siapa saja berhak menciptakan dan mengembangkan aplikasi untuk Android, membuat Android menjadi pilihan Smartphone yang menguntungkan dari segi biaya. Smartphone Android ini cukup menyenangkan dan canggih apalagi untuk sebuah OS Open Source, hal ini cukup memberikan angin positif bagi para programmer. Namun sayang sekali, untuk developer Indonesia, aplikasi yang telah mereka ciptakan belum semuanya bisa diterima karena Google belum terlalu membuka diri untuk semua negara yang hendak mendaftarkan aplikasinya.
Berikut adalah dampak negativ dari maraknya kemunculan smartphone dilingkungan masyarakat antara lain:
– Bagi segi kesehatan dampak negative dari penggunaan ponsel adalah radiasi sebuah telepon seluler dapat merusak otak.
– Memudahkan sekelompok orang menjalankan tindak kejahatan.
– Telepon seluler digunakan sebagi alat menipu dan menejbak anak-anak dengan iming-iming harta melimpah.
– Kemajuan teknologi telepon seluler, yang dipergunakan untuk enyimpan, menyebarkan gambar-gambar dan video porno.
Referensi:
http://wildan08.wordpress.com , http://cahtekpen.blogspot.com , http://glauzex.blogspot.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 25, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: