RSS

Sejarah Kesehatan Mental dan Konsep Sehat

20 Mar

Sejarah kesehatan metal tidaklah sejelas ilmu kedokteran. Ini terutama karena masalah mental, bukan merupakan masalah fisik yang dengan mudah dapat diamati dan terlihat. Berbeda dengan gangguan fisik yang dapat dengan relatif mudah dideteksi, orang yang mengalami gangguan kesehatan mental sering kali tidak terdeteksi, sekalipun oleh anggota keluarganya sendiri.
Gangguan Kesehatan Mental Tidak dianggap Sebagai Sakit
• Tahun 1600 dan sebelumnya
Dukun asli amerika sering juga disebut sebagai penyembuh. Orang yang mengalami gangguan mental dengan cara memanggil kekuatan supranatural dan menjalani ritual penebusan dan penyucian.
• Tahun 1692
Mendapatkan pengaruh para imigran dan eropa yang beragama Nasrani di Amerika orang yang bergangguan mental saat itu sering dianggap terkena sihir guna-guna atau dirasuki setan. Ini merupakan penjelasan yang diterima secara umum sehingga masyarakat takut dan membenci mereka yang dianggap memiliki kekuatan sihir. John Locke (1690) dalam tulisannya yang berjudul An Essay Concering Understanding. Menyatakan bahwa terdapat derajad kegilaan dalam diri setiap orang yang disebabkan oleh emosi yang memaksa orang untuk memunculkan ide-ide salah dan tidak masuk akal secara terus-menerus.

Gangguan mental dianggap Sebagai Sakit
• Tahun 1724
Pendeta cotton mather (1663-1728) mengatakan takhayul yang hidup di masyarakat berkaitan dengan sakit jiwa dengan memajukan penjelasan secara fisik mengenai sakit jiwa itu sendiri.
• Tahun 1812
Benjamin Rush (1745-1813) menjadi salah satu pengacara mula-mula yang mengenai masalah penganiayaan secara manusiawi untuk penyakit mental dengan publikasinya yang berjudul medical inquires and observations upon diseases of the mind. Ini merupakan buku teks psikiatri Amerika pertama.
• Tahun 1843
Kurang lebih terdapat 24 rumah sakit, tapi hanya 2.561 tempat tidur yang tersedia untuk menangani penyakit mental di Amerika Serikat.
• Tahun 1908
• Clifford Beers (1876-1943) menderita manis depresif pada tahun 1900. Dia merupakan lulusan Yale dan seorang bisnisman yang kemudian mengalami gangguan setelah mengalami sakit dan saudara laki-lakinya meninggal.
Konsep Sehat
Memahami konsep kesehatan tidak pernah dapat dilepaskan dari pengaruh sejarah dan kemajuan kebudayaan. Sepanjang sejarah makna sehat dan sakit ternyata dipengaruhi oleh peradaban. Selain itu treatmen yang dilakukan juga disesuaikan dengan pemahaman terhadap kesehatan tersebut.
Budaya barat dan timur ternyata memiliki perbedaan yang mendasar mengenai konsep sehat sakit. Perbedaan ini kemudian mempengaruhi sistem pengobatan di kedua kebudayaan. Akibatnya pandngan mengenai kesehatan mental juga berbeda. Namun dengan kemajuan teknologi dan komunikasi yang membuat relasi antar manusia semakin mengglobal, pertemuan antara kedua budaya ini tidak lagi dapat dihindari, sehinggasekarang ini ditemui cara penanganan kesehatan yang mencoba mengintegrasikan sistem pengobatan antara kedua kebudayaan.

Pengertian Sehat
apa yang dimaksud sehat?
Memahami pengertian health, yang diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia sebagai “kesehatan” (echols & shadily. 1981) tidaklah sesederhana seperti yang dibayangkan. Ternyata pengertian mengenai kesehatan akan beragam ungkapannya. Pengertian sehat atau kesehatan menurut dokter mungkin sedikit banyak akan berbeda dengan perawat,fisioterapis,apoteker, atau tenaga medis lainnya, meskipun mereka bersama-sama mengabdi pada bidang kesehatan.
Namun sebagian besar orang mendefinisikan sehat atau kesehatan lebih berfokus pada masalah fisik. Seperti misalnya bebas dari penyakit dan cacat atau berfungsinya alat-alat tubuh secara penuh sehingga orang dapat melakukan aktifitas sehari-harinya.
Freund (1991) dengan mengutip the international dictionary of medicine and biology, mendefinisikan kesehatan sebagai “suatu kondisi yang dalam keadaan baik dari suatu organisme atau bagiannya, yang dicirikan oleh fungsi yang normal dan tidak ada penyakit”, juga sampai pada kesimpulan mengenai kesehatan sebagai suatu keadaan tidak adanya penyakit sebagai salah satu ciri kalau organisme disebut sehat.

daftar pustaka:
M.Si., S.Psi., Siswanto, kesehatan mental; konsep kecakupan dan perkembangannya. Andi.

Schultz Duane,Paikologi Pertumbuhan model-model kepribadian sehat,yogyakarta: kanisius(1991)

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 20, 2012 in Uncategorized

 

2 responses to “Sejarah Kesehatan Mental dan Konsep Sehat

  1. Chairunnisa Nisa

    Maret 29, 2012 at 5:41 am

    maaf sehubungan dengan mata kuliah softskill silahkan dimasukkan link gunadarma http://www.gunadarma.ac.id/ di blog kalian.terimakasih.

     
  2. Asuhan Keperawatan NANDA

    Juni 13, 2012 at 6:29 pm

    Kesehatan mental merupakan sesuatu yang unik untuk dipelajari.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: