RSS

Depresi

05 Apr

Image

  • Pengertian Depresi

            Weight (1985) menyebutkan bahwa para penulis jaman dulu mengga,mbarkan depresi dengan istilah melankoli. Depresi klinis melankoli yang pertama dibuat oleh Hippocrates pada abad ke -4 sebelum masehi. Depresi juga disebut sebagai “influensa jiwa” . julukan tersebut diberikan karena gangguan depresi mirip seperti penyakit influensa, yaitu merupakan gangguan mental yang paling umum terjadi. Para ahli kesehatan mental secara konservatif memperkirakan bahwa satu dari setiap sepulih orang di Amerika menderita gangguan ini. menurut National Institut of Mental Health (1994), gangguan depresi dimengerti sebagai suatu penyakit “tubuh yang menyeluruh” (whole – body) , yang meliputi tubuh, suasana perasaan (mood), dan pikiran. ini berpengaruh terhadap cara makan dan tidur, cara seseorang mereasa mengenai dirinya sendiri dan cara orang berfikir mengenai sesuatu. gangguan depresi tidak sama dengan suasana perasaan murung (blue mood). ini juga tidak sama dengan tanda kelemahan peribadi atau suatu kondisi yang dapat dikehendaki atau diharapkan berlalu. orang dengan penyakit depresi tidak dapat begitu saja “memaksa diri mereka sendiri” dan menjadi baik. tanpa perlakuan , gejala-gejala dapat bertahan setidaknya sampai beberapa minggu, bulan, atau bahkan tahun. perlakuan yang sesuai bagaimanapun juga akan sangat membantu sebagian besar orang yang menderita depresi.

            depresi pada remaja sebagian besar tidak terdiagnosis sampai akhirnya mereka mengalami kesulitan yang serius dalam sekolah, pekerjaan, dan penyesuaian pribadi yang sering kali berlanjut pada masa dewasa (blackman, 1995). lebih jauh dikatakan alasan mengapa depresi pada remaja adalah masa kekalutan emosi, introspeksi, yang berlebihan, kisah yang besar, dan sensitifitas yang tinggi. masa remaja adalah masa pemberontakan dan percobaan tingkah laku.

 

  • Bentuk-bentuk Depresi
    • Sindrom depresi mayor

yang dimunculkan dengan suatu kombinasi simtom yang berpengaruh dengan kemampuan untuk bekerja, tidur, makan, dan menikmati salah satu kegiatanyang menyenangkan

  • Distimia

yang mencakup jangka wktu yang lama, berupa simtom-simtom ktonis yang tidak membuat orang yang mengalaminya menjadi tidak mampu tetapi yang menghindarkan orang yang bersangkutan untuk berfungsi pada tingkat yang penuh atau menghalanginya dari perasaan baik. kadang-kadang orang dengan distimia juga mengalami episode depresi mayor

  • Gangguan Bipolar

gangguan bipolar meliputi lingkaran depresi pada satu kutub dan gembira atau mania pada kutub lainnya. kadang-kadang suasana perasaan tersebut berubah secara dramatis dan cepat, tetapi sebagian besar berlangsung secara gradual.

 

  • Faktor-faktor penyebab depresi
    • stress yang tidak dapat terkontrol
    • pengalaman kehilangan sesuatu seperti kematian, perceraian dan kehilangan pekerjaan
    • peristiwa kehidupan yang penuh dengan tekanan
    • bagi remaja meliputi : stres, merokok, kehilangan orang tua atau seseorang yang dicintai, dan gangguan belajar      

 

 

 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 5, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: