RSS

REVIEW JURNAL PSIKOLOGI LINTAS BUDAYA

19 Okt

Review Jurnal Psikologi Lintas Budaya
1. Peringkas – Anggota Kelompok :
– Aditya Azhari
– Christiyara R S
– Dhanan Aziz
– Ismay Wandia P
– Kurnia Asih
– Lia Rosdayanti
– Saeful Bahtiar
2. Tanggal : 19 Oktober 2012
3. Topik : Pembelajaran Nilai Budaya siri’ Pada masyarakat
Bugis
4. Penulis : Muh. Nur Ali*
5. Tahun : 2 November 2009
6. Judul : Pembelajaran Nilai Budaya siri’ Pada masyarakat
Bugis Makasar di Sekolah Dasar
7. Jurnal : Muh. Nur Ali
8. Vol dan Halaman : Vol 4. no.2 dan Hal. 173-188
9. Landasan Teori :
Jurnal ini difokuskan pada salah satu nilai budaya masyarakat Sulawesi Selatan , khususnya etnik Bugis dan Makasar adalah Siri’ menurut Mattulada (1992) siri adalah “rasa malu” yang abstrak tetapi bisa diobservasi dalam kehidupan sehari-hari. Pada jurnal ini penulis membahas tentang nilai siri’ dalam perspektif Psikologi Lintas Budaya untuk melahirkan pokok-pokok pikiran terapan (tentatif) dalam setting pembelajaran Sekolah Dasar (SD) pada komunitas di Sulawesi Selatan.
10. Metode dan Subjek :
Penulis membuat penelitian pada SD di Provinsi Sulawesi Selatan melalui mata pelajaran Muatan Lokal maka melalui pembelajaran ini diharapkan dapat 1.) mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri, 2.) mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya, 3.) menghargai keberagaman budaya,suku,ras,dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya.
Pembelajaran nilai siri melalui mata pelajaran IPS pada prinsipnya tidak berbeda dari langkah-langkah yang telah lazim, misalnya dengan CBSA. Hanya saja tiap langkah dalam pembelajaran ini diberi muatan lokal kultural yang menyangkut niali siri’.
11. Hasil :
Evaluasi pembelajaran yang dilakukan adalah untuk mengukur mulai dari daya ingat informasi sampai pada kemampuan belajar “memperagakan pemahamannya” yang terkait dengan materi pelajaran IPS, secara garis besarnya adalah : 1.) evaluasi proses, 2.) evaluasi portofolio, 3.) evaluasi tertulis.
12. Kesimpulan :
Pada Akhir Jurnal penulis mengemukakan berbagai pokok pikiran dan simpulan yaitu:
a. nilai budaya siri’ pada komunitas Sulawesi Selatan perlu ditinjau kemurniannya.
b. Diduga penyebabnya adalah jalur transformasi yang hanya mengandalkan pembelajaran dilingkungan keluarga dengan wawasan yang sangat terbatas dan tertutup.
c. pembelajaran persekolahan dapat dijadikan alternatif untuk pengayaan makna nilai siri’ dari jalur transformasi diagonal dan horizontal.
d. mata pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat dijadikan sebagai tumpangan pembelajaran niali siri’.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 19, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: